MAKALAH ILMU SOSIAL DASAR
Makalah Ilmu Sosial Dasar
Dibuat oleh :
Eva Dwi Meliani
12116405
1KA06
UNIVERSITAS GUNADARMA
KATA PENGANTAR
Segala puji syukur
atas kehadirat Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini
dapat saya selesaikan. Makalah ini disusun agar kita dapat memperluas wawasan
kita tentang Ilmu Sosial Dasar.
Makalah ini dibuat
dalam rangka pembelajaran mata kuliah Ilmu Sosial Dasar (softskil). Pemahaman
tentang manusia dan hal – hal yang berkaitan dengannya sangat diperlukan,
dengan suatu harapan suatu masalah dapat diselesaikan dan dihindari kelak, sekaligus
menambah wawasan bagi kita semua.
Makalah ini,
tentunya masih jauh dari kesempurnaan, karena penulis juga masih dalam tahap
pembelajaran. Oleh karena itu arahan, koreksi dan saran, sangat penulis
harapkan. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada
pembaca.
Terima kasih.
Terima kasih.
10 Oktober 2016
Penyusun
Daftar Isi
Kata Pengantar
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Maksud danTujuan
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Ilmu Sosial Dasar
2.2 Perbedaan Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan
2.3 Ruang Lingkup
2.4 Hubungan Desa-kota dan Hubungan Pedesaan Perkotaan
2.5 Pembaruan (Inovasi)
2.6 Pola Pikir Manusia
2.7 Hubungan Manusia Dengan Akal Pikiran, Jasmani, dan Rohani
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
ISD adalah
pengetahuan yg menelaah masalah-masalah sosial, khususnya masalah-masalah yang
diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori-teori (fakta,
konsep,teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam
lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi sosial, Sosiologi, Antropologi
sosial, Ilmu politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah.
ISD merupakan suatu usaha yang
dapat diharapkan memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang
konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya
tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi
lingkungan sosial dapat ditingkatkan , sehingga kepekaan mahasiswa pada
lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
1.2 Maksud dan tujuan
ISD
itu materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial. Mengajak
manusia berpikir luas dan menghasilkan kepribadian yang baik terutama bagi
mahasiswa, mempermudah berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan memahami masalah-masalah sosial.
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial dasar adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan,
dan meningkatkan pemahaman manusia tentang masalah sosial, dan juga membicarakan hubungan timbal
balik antara manusia dengan lingkungannya. Khususnya kehidupan masyarakat
Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian. Ilmu sosial bukanlah suatu
bidang keahlian ilmu-ilmu sosial tertentu, tetapi berasal berbagai bidang
pengetahuan dalam berbagai ilmu-ilmu sosial seperti, sosiologi, sejarah ,
antropologi, psikologi sosial.
2.2 Perbedaan Penduduk, Masyarakat, dan Kebudayaan.
- Penduduk adalah orang-orang yang mendiami suatu wilayah tertentu, menetap dalam suatu wilayah, tumbuh dan berkembang dalam wilayah tertentu.
- Masyarakat adalah suatu kehidupan sosial manusia yang menempati wilayah tertentu, yang keteraturannya dalam kehidupan sosialnya telah dimungkinkan karena memiliki pranata yang telah menjadi tradisi dan mengatur kehidupannya.
- Kebudayaan adalah hasil budi daya manusia, ada yang mendefinisikan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
Faktor – faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk :
1. Kematian (Mortalitas)
2. Kelahiran (Natalitas)
3. Migrasi (Mobilitas)
Pengertian,
Proses, dan Akibat dari Migrasi.
Pengertian Migrasi adalah perpindahan penduduk dengan
tujuan untuk menetap dari suatu tempat ke tempat lain melewati batas administratif
(migrasi internal) atau batas politik/negara (migrasi internasional). Dengan
kata lain, migrasi diartikan sebagai perpindahan yang relatif permanen dari
suatu daerah (negara) ke daerah lain (negara) lain.
Proses
Migrasi di bagi menjadi 2, yaitu :
1.
Migrasi bertahap
2.
Migrasi langsung
- Imigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu negara lain ke dalam suatu negara. Contoh : orang Inggris yang masuk ke Indonesia.
- Emigrasi adalah perpindahan penduduk dari suatu negara menuju ke negara lain. Contoh : orang Indonesia yang berpindah ke Negara Jepang.
- Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota atau dari kota kecil ke kota besar. Contoh orang Solo ingin mencari pekerjaan agar bisa mencari penghasilan yang lebih dengan cara pergi mencari pekerjaan ke kota Jakarta.
2.3 Ruang Lingkup
Materi Ilmu
Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. Untuk dapat memecahkan
masalah-masalah sosial, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengindentifikasi
kenyataan-kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu.
Sehingga dengan demikian bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas
tiga golongan yaitu :
- Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu.
- Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan Sosial.
- Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.
2.4 Hubungan
Desa-kota dan Hubungan Pedesaan-Perkotaan.
Hubungan
kota-desa cenderung terjadi secara alami yaitu yang kuat akan menang, karena
itu dalam hubungan desa-kota, makin besar suatu kota makin berpengaruh dan
makin menentukan kehidupan perdesaan. Secara teoristik, kota merubah atau paling mempengaruhi desa melalui beberapa
cara, seperti:
- Ekspansi kota ke desa, atau boleh dibilang perluasan kawasan perkotaan dengan merubah atau mengambil kawasan perdesaan. Ini terjadi di semua kawasan perkotaan dengan besaran dan kecepatan yang beraneka ragam;
- Inovasi kota, pembangunan kota baru seperti misalnya Batam dan banyak kota baru sekitar Jakarta merubah perdesaan menjadi perkotaan. Penetrasi kota ke desa, masuknya produk, prilaku dan nilai kekotaan ke desa. Proses ini yang sesungguhnya banyak terjadi;
- Ko-operasi kota-desa, pada umumnya berupa pengangkatan produk yang bersifat kedesaan ke kota. Dari keempat hubungan desa-kota tersebut kesemuanya diprakarsai pihak dan orang kota. Proses sebaliknya hampir tidak pernah terjadi, oleh karena itulah berbagai permasalahan dan gagasan yang dikembangkan pada umumnya dikaitkan dalam kehidupan dunia yang memang akan mengkota.
Perbedaan antara desa dan
kota :
Dalam masyarakat modern,
sering dibedakan antara masyarakat pedesaan (rural community) dan masyarakat
perkotaan (urban community). Menurut Soekanto (1994), perbedaan tersebut
sebenarnya tidak mempunyai hubungan dengan pengertian masyarakat sederhana,
karena dalam masyarakat modern, sekecilnya-kecilnya suatu desa, pasti ada
pengaruh-pengaruh dari kota.
Ada beberapa ciri yang
dapat dipergunakan sebagai petunjuk untuk membedakan antara desa dan kota.
Dengan melihat perbedaan perbedaan yang ada mudah mudahan akan dapat mengurangi
kesulitan dalam menentukan apakah suatu masyarakat dapat disebut sebagi
masyarakat pedeasaan atau masyarakat perkotaan.
Ciri ciri
tersebut antara lain :
- Jumlah dan kepadatan penduduk.
- Lingkungan hidup.
- Mata pencaharian.
- Corak kehidupan social.
- Stratifiksi social.
- Mobilitas social.
- Pola interaksi social.
- Solidaritas social.
- Kedudukan dalam hierarki sistem administrasi nasional.
2.5 Pembaruan
(Inovasi)
Inovasi adalah suatu
proses pembaruan dari penggunaan sumber-sumber alam, energi, dan modal serta
penataan kembali dari tenaga kerja dan penggunaan teknologi baru, sehingga
terbentuk suatu sistem produksi dari produk-produk baru. Suatu proses inovasi
tentu berkaitan penemuan baru dalam teknologi, yang biasanya merupakan
suatu proses sosial yang melalui tahap discovery dan invension.
Faktor-faktor yang menjadi pendorong bagi seorang individu untuk memulai serta
mengembangkan penemuan baru adalah :
(1) kesadaran akan kekurangan dalam
kebudayaan
(2) mutu dari keahlian dalam suatu kebudayaan
(3) sistem perangsang
bagi kegiatan mencipta. Penemuan baru sering kali terjadi saat ada suatu krisis
masyarakat, dan suatu krisis terjadi karena banyak orang merasa tidak puas
karena mereka melihat kekurangan-kekurangan yang ada di sekelilingnya.
2.6 Pola Pikir Manusia
Setiap manusia pasti memiliki pola pikir dan cara pandang tentang
segala hal, karena pada setiap manusia dilengkapi dengan akal. Pola pikir
membentuk kepribadian yang sangat unik dalam hidup manusia. hal ini terutama
terlihat dalam pola kita menentukan cita-cita, impian dan tujuan hidup.
Proses pembentukan kerangka
berpikir dimulai sejak bayi dalam kandungan. Dengan bertambahnya usia bertambah
pula informasi yang masuk ke dalam pikiran. Berapa banyak informasi yang masuk
ke dalam pikiran ketika seseorang sudah remaja, pemuda, dewasa, orang tua dan
nenek-kakek- kita tidak tahu.Secara tidak langsung
pengalaman-pengalaman kita membentuk pola pikir kita. Pola pikir itu sendiri
dapat timbul dengan sendirinya ketika manusia itu terbentur oleh suatu
permasalahan yang akhirnya menyebabkan terbentuk karakternya oleh
permasalahannya itu sendiri.
Pandangan –
pandangan hidup pada dasarnya terbentuk oleh beberapa faktor yang sangat
dominan mempengaruhi manusia, antara lain :
1.
Cita – cita
2.
Pengalaman
3.
Pendidikan
4.
Pergaulan
2.8 Hubungan Manusia Dengan Akal
Pikiran, Jasmani, dan Rohani.
- Akal pikiran yang berfungsi untuk membedakan yang salah satu dan yang benar serta menganalisi sesuatu yang kemampuannya tergantung pengalaman dan tingkat pendidikan pemiliknya. Akal berfungsi untuk mengigat, menyimpulkan, menganalisa, menilai apakah sesuai benar atau salah.
- Jasmani adalah berhubungan dengan kesehatan dan rekreai fisik, yang memberi kesanggupan untuk menjalankan hidup yang produktif dan dapat menyesuaikan diri pada tiap pembeda fiik yang layak.
- Rohani adalah sesuatu hal yang berasa diatas moral. Rohani dikaitkan dengan hati, kalbu, jiwa, mental, fikiran dan sebagainya yang mewujudkan sebagai suatu unsur peribadi manusia yang paling unik yang tidak dapat dilihat oleh pancaindera. Tetapi gejala dalam kerjanya dapat dirasakan
misalnya: menangkap dan menyimpan pengertian, mengingat,
berfikir, berkemahuan, rindu, sedih, gembira dan sebagainya. Jika
seseorang sehat rohaninya ia akan memiliki kemampuan beramal yang tinggi,
gairah bekerja dan bersemangat untuk maju dalam kebaikan. Sebaliknya orang yang
mengidap penyakit rohani akan memperlihatkan kemundurannya dalam kemampuan
bekerja, hilang gairah dan semangatnya untuk maju. Yang menonjol hanyalah
kelemahan dan kemalasan.
3.1 Kesimpulan
ISD
sangat penting untuk di pelajari,karena dalam mempelajari isd diharapkan setiap orang dapat lebih dekat dengan lingkungannya, dan memahami masalah-masalah
yang terjadi dilingkungannya,Dalam hal ini interaksi sosial juga dibutuhkan untuk
mempermudah pendekatan dengan lingkungan interaksi yang baik akan menghasilkan
hubungan sosial yang baik juga
3.2 Saran
Sebagai manusia yang menjalani
kehidupan di dunia beserta problematikanya. Apabila kita menginginkan
kehidupan kita berjalan baik dan lancar maka pengelolaan kita terhadap pola
pikir akal, jamani dan rohani kita harus berjalan dengan benar, seimbang dan
sesuai.
DAFTAR PUSTAKA
Soal
1 1. Apakah yang dimaksud Ilmu Sosial Dasar ?
A. Ilmu yang membahas
mengenai masalah sosial dalam kehidupan masyarakat.
B. Ilmu yang memiliki
wawasan komprehensif dan pendekatan integral.
C. Tujuan pendidikan dan pengajaran di perguruan
tinggi.
D. Pengetahuan
yang menelaah masalah-masalah sosial yang menggunakan pengertian-pengertian (
fakta, teori, konsep) berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahian.
2. Sebutkan tujuan-tujuan Ilmu
sosial dasar ?
A. Memahami dan menyadari kenyataan
dan masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
B. Peka terhadap masalah sosial dan
ikut serta dalam usaha menanggulanginya.
C. Memberi penekanan mataeri ilmu sosial secara
terperinci.
D. A,B Benar.
3. Faktor – faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk,kecuali
?
A. Kematian.
B. Solidaritas sosial.
C. Kelahiran.
D. Migrasi.
4. Perpindahan penduduk dari suatu negara menuju negara lain,disebut ?
A. Emigrasi.
B. Urbanisasi.
C. Imigrasi.
D. Transmigrasi.
5. Ada berapa
syarat yang harus dipenuhi hingga terjadinya interaksi sosial,antara lain?
A. Adanya Kebiasaan Sosial.
B. Adanya Kontak Sosial.
C. Adanya Komunikasi.
D. B,C benar semua.
6. Sebutkan dampak pertumbuhan
penduduk tanpa pertambahan fasilitas ?
A. Angka pengangguran
akan bertambah tinggi.
B. Semakin meningkatnya
angka kemiskinan.
C. Banyak anak usia
sekolah yang tidak tertampung sehingga timbul sebuah kejahatan atau
kriminalitas lain dalam hal tersebut.
D. A,B,C benar semua.
7. Kelompok sosial pertama yang dimasuki oleh manusia sejak lahir adalah
A. Keluarga.
A. Keluarga.
B. In Group.
C. Peer Group.
D. Out Group.
C. Peer Group.
D. Out Group.
8. Kelompok sosial merupakan sesuatu yang penting bagi manusia karena ?
A. Jumlahnya sangat banyak di masyarakat.
B. Setiap orang selalu menjadi anggotanya.
C. Timbul kesadaran untuk saling menolong diantara aggotanya.
D. Memudahka kita untuk memperoleh teman bergaul.
C. Timbul kesadaran untuk saling menolong diantara aggotanya.
D. Memudahka kita untuk memperoleh teman bergaul.
9. Penggolongan masyarakat ke dalam kelompok tertentu seperti pedagang,
pegawai, nelayan, pengusaha, pengrajin, dan pejabat pemerintah merupakan
diferensiasi sosial berdasarkan....
A. Peranan.
B. Suku.
C. Agama.
D. Profesi.
A. Peranan.
B. Suku.
C. Agama.
D. Profesi.
10. Salah satu masalah kependudukan adalah rendahnya kualitas penduduk. Salah satu penyebab masalah ini adalah ... .
A. Penduduk sudah peduli pendidikan anak.
B. Banyak lulusan sarjana yang menganggur.
C. Penduduk rajin belajar sendiri.
D. Tingkat pendidikan penduduk rendah.
Komentar
Posting Komentar